Guru segera mengurus NUPTK



Bagi seorang guru, Nomor Unit Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakam identitas. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Pekanbaru Defi Warman. Sayangnya saat ini masih banyak guru di Pekanbaru yang belum mengantongi nomor tersebut, meski sudah lama mengajar.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman riaupos.co, Sebagai Ketua PGRI, ia mengaku terus mendorong para guru agar bisa mengurus dan mendapatkan NUPTK masing-masing. Kendala di lapangan, banyak guru yang tidak paham dengan prosedur pengurusan karena minimnya sosialisasi dan lain sebagainya.

Image result for nuptk

"Dalam setiap kesempatan, kami terus mengingatkan dan mendorong guru-guru ini, khususnya yang sudah lima tahun mengajar agar segera mengurus NUPTK mereka agar terdata. Kita bantu sosialisasikan bagaimana pengurusan,”

katanya.

Pihaknya tidak menampik adanya kelalaian para guru untuk mengurus nomor identitas tersebut. Namun di sisi lain peran dari pemerintah dalam menggiring hal tersebut juga dinilai belum maksimal. Sehingga guru tidak menyadari hal tersebut.

Ia juga menyampaikan bahwa kepala sekolah saat ini juga tidak perlu mengurus Nomor Unit Kepala Sekolah (NIKS). Berdasarkan pertemuannya dengan pihak pusat beberapa waktu lalu, diketahui bahwa kepala sekolah ataupun calon kepala sekolah tidak perlu mengurus NUKS.

“Karena NUPTK itu saja sudah cukup. Tidak ada yang mewajibkan kepala sekolah mengantongi nomor tersebut. Sebab, NUPTK-nya kan sudah ada,” pungkasnya.

Ia berharap, kesadaran para guru untuk mengurus NUPTK demi kelancaran profesi mereka bisa terus tumbuh. Hal itu juga diharapkan beriringan dengan upaya pemerintah merealisaikan hal tersebut.

Sumber : http://www.suarapgri.com

Previous
Next Post »
Powered by Blogger.