Cara Memperbaiki Menu Utama Aplikasi Dapodik Ngeblank



Selama mengelola dapodik saya mengalami pengalaman ketika aplikasi dapodik yang saya kelola mengalami gangguan atau ngeblank walaupun saya sudah login dan berhasil masuk ke aplikasi dapodik tetapi menu utama atau halaman utama dapodik tidak kebuka. Kejadian ini membuat saya bingung dan pusing harus bagaimana memperbaikinya sedangkan data sudah masuk dan terupdate ke aplikasi.
Saya berusaha otak-atik aplikasi bahkan sampai kepikiran untuk ngebanting laptop tapi sayang kalu dibanting tambah hancur tidak karuan, tetapi Alhamdulillah saya dapat mengatasi masalah yang saya hadapi dan berhasil normal kembali.
Ini langkah – langkah untuk memperbaiki apabila aplikasi dapodik mengalami gangguan alias ngeblang layar utama, sebagai berikut :
1. Ambil prefill yang ada di aplikasi pusat http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id atau http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.idmenggunakan nomor registrasi yang kita simpan atau kita masih punya prefill arsip yang disimpan, tetapi lebih baik ambil prefill terbaru yang di download di dapodik pusat karna mungkin kita sudah melalukan sinkronisasi.

2.   Setelah prefill sudah di download atau kita menggunakan prefill arsip yang disimpan, copy paste ke  prefill_dapodik yang berada didata c pada sistem komputer.

3.   Buka Aplikasi Dapodik hingga layar login sudah terbuka, jangan melakukan login terlebih dahulu karena hasilnya nanti akan sama, tetapi lakukan regsiter ulang pada menu regiser di Aplikasi Dapodik kemudian isi dengan lengkap (pengisian boleh sama dengan data yang dibuat pertama kali) setelah selesai klik simpan maka sistem Aplikasi Dapodik akan menyimpan data register yang sudah di isi. Tunggu beberapa saat sistem akan menerima regsiter yang kita masukkan.

4.     Setelah proses di atas selesai  silah lagukan login dan lihat hasilnya, Aplikasi Dapodik akan kembali normal kembali dan data yang sudah tersimpah tidak akan hilang atau lenyap.

Itulah proses untuk memperbaiki berdasarkan pengalaman yang saya alami mungkin para sobat operator sudah lebih tahu dari pada saya, disini saya tulis hanya mengungkapkan pengalaman yang terjadi pada saya sendiri bukan bermaksud untuk menggurui. Mohon maap apabila tulisan ini kurang jelas boleh di tanyakan lewat komen di halaman ini. Terima Kasih 

Wassalam
Previous
Next Post »
Powered by Blogger.