RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 semester 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Satuan Pendidikan    : SMA Islam Daarul Arham
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                 : XI / Semester 2
Materi                                 : Teks Ulasan Film/Drama
Jumlah Pertemuan              : 3 pertemuan (6 X 45’)

A. Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prose-dural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.        
1.3 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui   film/drama

2.
2.5 Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk menyampaikan penjelasan

2            
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks ulasan film atau drama

3.1.1 Menentukan  struktur  teks ulasan  film atau drama.
3.1.2 Menentukan  kaidah  teks ulasan film atau drama.
3            
4.1 Menginterpretasi makna  teks ulasan film atau drama dibuat baik secara lisan mupun tulisan
  

4.1.1  Memaknai /menafsirkan  teks ulasan atau drama

C. Tujuan Pembelajaran
1. Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui  ulasan/reviu film/drama

2. Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa
   Indonesia untuk menyampaikan penjelasan
3.peserta didik dapat menjelaskan struktur dan kaidah teks ulasan film/drama.
4.Peserta didik dapat menafsirkan  makna i teks ulasan film/drama,.

D. Materi Pembelajaran
Fakta
·         Teks ulasan film/drama 
        Konsep
·         Struktur isi  teks ulasan film/drama 
·         Kaidah bahasa/ciri bahasa teks ulasan film/drama 
·         Makna teks ulasan film/drama .
        Prosedur
·         Langkah-langkah   menemukan  struktur dan kaidah teks ulasan film atau drama.
·         Langkah-langkah memaknai  teks ulasan film/drama.


Prinsip
Prinsip menemukan  teks ulasan film/drama:
·      Ulasan film/drama harus dikembangkan berdasarkan data otentik dengan memberikan contoh atau bukti konkrit.
·      Ulasan film/drama disajikan secara santun, bersifat mengapresiasi bukan sekedar memberikan label negatif.

E. Metode
·      Pendekatan          : Saintifik, Discovery
·      Metode                   : Curah pendapat,  diskusi, dan penugasan

F.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media
·      Rekaman film/drama
·      Beragam contoh teks ulasan film/drama   dari internet
Alat
·      LCD

Sumber Pembelajaran
Maryanto; Nurhayati;Elvi Suzanti; dan Anik Muslikah. 2014. Bahasa Indonesia. Ekpresi  Diri dan Akademik. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pendahuluan (10 menit)
1.     Salah seorang peserta didik memimpin berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
2.     Peserta didik dan pendidik melakukan curah pendapat tentang fungsi teks ulasan film/drama dan teks resensi kumpulan cerpen  dalam kehidupan sehari-hari setelah menyimak rekaman video ulasan film/drama (untuk menumbuhkan motivasi peserta didik dalam mempelajari teks ulasan film/drama).
3.     Pendidik menyampaikan  tujuan pembelajaran.
4.     Peserta didik menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.

A.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahujluan
·      Peserta didik merespon  salam tanda mensykuri anugerah Tuhan  dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.
·      Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·      Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·      Peserta didik berhitung dari nomor  1,2,3,4.
·      Peserta didik bekelompok sesuai dengan nomor yang sama dengan jujur.
15  menit
Inti
·      Peserta didik membaca teks ulasan drama  dengan disiplin (mengamati).
·      Peserta didik mencermati struktur dan kaidah/ciri bahasa teks  ulasan film atau drama  disiplin (mengamati).
·      Peserta didik bertanya jawab dengan proaktif tentang struktur dan kaidah/ciri bahasa teks  ulasan film atau drama  dengan disiplin (menanya).
·      Secara berdiskusi peserta didik menentukan struktur dan kaidah/ciri bahasa teks ulasan dramai dengan penuh tanggung jawab. (mencoba dan mengasosiasi)
·      Secara berdiskusi peserta didik menginterpretasi makna/isi teks  ulasan film atau drama  dengan penuh tanggung jawab (mengasosiasi)
·      Peserta didik secara berkelompok menuliskan ulasan film atau drama hasil kerja kelompok tentang struktur dan kaidah, serta memaknai. (mengomunikasikan)
·      Secara bergantian setiap kelompok membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas (mengomunikasikan)
·      Kelompok lain menanggapi kelompok yang maju ke depan kelas dengan proaktif .

10 menit

15 menit

20 menit

25 menit


25 menit

10 menit


 30 menit

10 menit
Penutup
Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
Peserta didik melakukan evaluasi pembelajaran.
Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
Peserta didik menyepakati tugas portofolio, yakni mencari dan menentukan struktur dan ciri bahasa dalam teks ulasan film atau drama  yang dibacanya.
20 menit 


B.      Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.       Penilaian proses 
Penilaian Sikap
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
Religius
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan
2.
Jujur
3.
Tanggung JawabDisiplin
4.
Disiplin

2.       Penilaian Hasil
a.     Penilaian Pengetahuan
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.
Menjelaskan struktur teks ulasan film atau drama
Tes tertulis
uraian
Jelaskan struktur teks ulasan film atau drama!
2.
Menjelaskan ciri bahasa ulasan film atau drama
Tes tertulis
uraian
Jelaskan kaidah  teks ulasan  film atau drama !

 b. Penilaian Keterampilan
No.
Menafsirkan isi teks ulasan film atau drama
Teknik penilaian
Bentuk penilaian
Instrument
1
Menafsirkan isi teks ulasan film atau drama
Tes tertulis
uraian
Tafsirkan isi teks ulasan film atau drama!

Pedoman Penskoran
No. Soal
Petunjuk Penskoran
Skor
1.
Tepat
3
Kurang tepat
2
Tidak tepat
1
2.

Tepat
3
Kurang tepat
2
Tidak tepat
1
3.
Tepat
3
Kurang tepat
2
Tidak tepat
1
4
Tepat
3
Kurang tepat
2
Tidak tepat
1

   Keterangan
Nilai =     Perolehan skor            x  100     
            Jumlah skor maksimal
                                                                                                         Tenjo,                        2014

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Mata Pelajaran



HOSYIANA, SE                                                                               FITRIYANTORO, SE.I
Previous
Next Post »
Powered by Blogger.